baja ringan untuk plafon | Yalimo

Posted on

Profil Baja Ringan Dan Alasan Memilih Baja Ringan

baja ringan untuk plafon
|

Yalimo – Baja ringan yakni baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis, akan melainkan energinya tidak keok dari baja konvensional. Ada bebarapa variasi baja ringan yang dikelompokan menurut skor tegangan tariknya (tensile strength). Kemampuan tegangan tarik ini biasanya didasarkan pada fungsi akhir dari baja ringan hal yang demikian.


baja ringan untuk plafon	
 | 

Yalimo

baja ringan untuk plafon
|

Yalimo

 

 

Sebagai model untuk produk structural seperti rangka atap baja ringan memakai baja ringan dengan tegangan tarik tinggi (G550). Tapi untuk bermacam produk home appliances diperlukan baja ringan dengan tegangan tarik yang lebih rendah (G300, G250) yang lebih lentur dan lunak sehingga lebih mudah disusun pantas kemauan.

baja ringan untuk plafon
|

Yalimo – Sebab tingkat mutu dan kuat tarik tinggi, nggak heran baja ringan lebih tipis dan ringan diperbandingkan baja konvensional. Baja G550 bisa diartikan sebagai baja yang mempunyai kuat tarik 550 Mpa (Mega Pascal). Uji kwalitas ini hanya bisa dibuktikan di laboratorium.

Meskipun lebih ringan dan tipis dari baja konvensional, dengan kuat tarik sebesar 550 Mpa baja ringan dapat diwujudkan andalan untuk menyangga beban struktur bangunan. Untuk fungsi non structural seperti penutup atap diguanakan baja ringan mutu G300.

Bagaimana dengan ketebalan baja ringan? Dipasaran biasa ketebalannya berkisar antara 0,20 – 2,00 mm. Jenis ketebalan ini ditentukan oleh fungsi , sebarapa besar muatan yang ditopang dan ukuran jangka baja itu sendiri. Ketebalan yang lebih kecil dibandimg dengan baja konvensional dengan tujuan untuk mengurangi bobot strukutur bangunan.

baja ringan untuk plafon
|

Yalimo  – Kuda-kuda baja ringan memiliki ketebalan antara 0,45 – 1,00 mm. Berbeda dengan kolom yang akan menopang muatan yang lebih besar, ketebalannya kisaran antara 1,00 -2,00 mm (profil C). Sedangkan untuk genteng metal ketebalannya 0,20 mm karena dapat dikatakan tidak memikul beban dengan ketebalan tersebut telah cukup memadai.

Baja tertata dari besi dan karbon (Fe dan C). Sekiranya elemen hal yang demikian bercampur dengan air dan udara akan timbul respons yang mensupport terjadinya karat. Karenanya baja ringan perlu dilapisi antikarat. Pemakaian lapisan antikarat amat penting untuk menjaga agar material awet dan bendung lama.

ALASAN MENDASAR MENGAPA ANDA HARUS MEMILIH RANGKA BAJA RINGAN DARIPADA KAYU

baja ringan untuk plafon
|

Yalimo  – Pemakaian rangka baja ringan, merupakan hal yang belum lama ada di Indonesia, beberapa developer yang menerapkan variasi rangka atap ini, banyak mengadaptasi metode ini dari negeri sakura Jepang.

Akhirnya inilah yang mungkin mengakibatkan masyarakat Indonesia belum seperti itu tenar dengan rangka atap jenis ini. Bila, banyak masyarakat Indonesia masih enggan menerapkan rangka atap baja ringan ini, padahal rangka ini sangatlah sesuai diterapkan di kawasan Indonesia yang notabene rawan gempa.
Tidak anda termasuk kedalam bagian yang belum mengenal seputar kelebihan rangka atap jenis ini diperbandingkan dengan rangka kayu, karenanya teruskanlah membaca artikel ini, karena kami akan memberikan 6 hal mendasar kenapa anda patut mulai menerapkan rangka atap baja ini sebagai unsur utama dalam aktivitas pembangunan rumah Anda.

1. Rangka baja ringan tak akan dimakan rayap. Pun kita kenal, mutu kayu yang banyak diaplikasikan maupun yang ada di pasaran saat ini adalah kayu dengan mutu 3 kebawah atau kurang bagus. Selain banyak lagi, malah sudah sungguh-sungguh jarang yang menyediakan atau mengaplikasikan kayu mutu bagus seperti kayu jati untuk membangun sebuah bangunan. Oleh karena itu, pemilihan rangka baja ringan merupakan hal totaliter kalau rangka anda berharap mempunyai usia yang lebih awet

2. Baja ringan akan mempercepat durasi atau waktu proses suatu bangunan. Baja ringan yang sudah siap pasang tentunya akan banyak menghemat waktu cara kerja bermacam proyek bangunan yang anda kerjakan. sebuah rumah dengan type 36 dapat diseslesaikan dalam waktu kurang lebih 1 pekan dengan menerapkan rangka baja ringan.

3. Struktur rangka baja ringan yang tentunya lebih ringan daripada bila anda menggunakan kayu sebagai rangka atap anda. Tentunya hal ini dapat memudahkan progres dan keamanan para pekerja anda lebih terjamin.

4. Rangka baja ringan hemat tarif. Baja ringan tidak gampang lapuk. Bayangkan berapa banyak uang yang dapat Anda hemat dengan fitur baja ringan ini terlebih dalam segi tarif perawatan bangunan anda kedepanya. itu, berdasarkan sebagian hasil survei yang ada, rumah type 42 yang dibangun dengan struktur atap baja ringan dan dinding bata, dapat dihemat tarif pembuatanya sampai di kisaran angka 31jutaan saja (telah termasuk tarif penutup atap dan diluar pondasi tentunya ). Amazing bukan…:)

5. Rangka baja ringan memiliki struktur atau material yang bisa disesuaikan dengan situasi geografis sebuah daerah. Misalkan bangunan Anda berada di pinggir laut atau pantai, karenanya rangka baja ringan yang anda gunakan akan dilapisi dengan bahan tertentu yang akan menyesuaikan dengan kontur kawasan pantai ( tidak gampang berkarat tentunya ). Apakah material kayu anda memiliki kelebihan ini? aku rasa belum

6. Untuk menjaga lingkungan. Pun yang kita tahu bahwa hutan di Indonesia tak sehijau dahulu kala pengaruh pembalakan liar. Oleh karena itu dengan kita mengaplikasikan atap baja ringan itu sama saja ikut serta menjaga lingkungan kita yang telah terlanjur rusak tidak menjadi lebih parah lagi.

baja ringan untuk plafon
|

Yalimo  – sedikit uraian dari kami mengenai 6 hal utama mengapa anda mesti mulai melirik rangka baja ringan sebagai salah satu elemen bangunan anda. Semoga artikel kali ini berkhasiat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *